Contoh RPP berkarakter SD Bahasa Indonesia kls 4,5,6

Posted by Bisnis Online | 09 January 2012 | 1 comments
Labels: RPP berkarakter Eksplorasi Elaborasi Konfirmasi
Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 4. Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 5. Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 6. Contoh RPP Bahasa Indonesia berkarakter eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Jenis file microsoft office dan download dari 4shared. Dilihat dulu, jika cocok baru di download.

Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 4
Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 4 / I
Waktu : 2 x 35 menit

Link untuk download:
Bahasa Indonesia kelas 4 semester 1
Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2
Bahasa Indonesia kelas 5 semester 1
Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2
Bahasa Indonesia kelas 6 semester 1
Bahasa Indonesia kelas 6 semester 2

A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

B. Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

C. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat

Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Pokok
Gambar / Denah

E. Kegiatan Pembelajaran
Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.

F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
Bertanya jawab seputar denah yang diamati.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.

G. Penilaian

Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 5
Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : 1 Mendengarkan
Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit

MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

B. Tujuan Pembelajaran**:
Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
Siswa dapat Menananggapi pernyataan.
Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
Siswa dapat Menceriterakan penjelasan nara sumber

Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C. Materi Pokok
Teks Penjelasan nara sumber

D. Pengalaman Belajar
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber

Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Mendengarkan penjelasan.
Menananggapi pernyataan.
Menanggapi. penjelasan nara sumber.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
Menceriterakan penjelasan nara sumber.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Mengerjakan soal-soal latihan
Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E. Metode/Sumber Belajar
Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
Sumber Belajar : Teks, Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 6
Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6 / Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit

MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan

B. Tujuan Pembelajaran**
Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C. Materi Pokok
Teks Bacaan

D. Pengalaman Belajar
Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar

Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Mendengarkan pembacaan teks
Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
Meringkas teks yang didengarkan
Menceritakan kembali isi teks yang didengar

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Tanya jawab,diskusi,penugasan
Membaca buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran

E. Metode/Sumber Belajar:
Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F. Penilaian

Silabus dan RPP Berkarakter Kimia SMA Download Gratis

by admin rpp on June 3, 2012

Silabus dan RPP Berkarakter Kimia SMA merupakan salah satu senjata ampuh yang harus dimiliki oleh setiap guru di bidang Mata Pelajaran Kimia SMA.

{ 1 comment }
Download Gratis Silabus Dan RPP Berkarakter Matematika SMP

Download gratis RPP dan silabus berkarakter Matematika SMP terbaru bisa anda temukan pada halaman ini. RPP Berkarakter Matematika dan Silabus Berkarakter Matematika
RPP Dan Silabus Bahasa Inggris SD Berkarakter Download Gratis

RPP dan silabus Bahasa Inggris SD berkarakter ini berisi RPP dan silabus terbaru untuk kelas 1 2 3 4 5 dan 6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dan Silabus Bahasa Inggris ini penting bagi guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar
RPP Berkarakter SMA – SMK – MA

RPP Berkarakter SMA-SMK-MA saat ini banyak dicari oleh hampir semua guru yang tersebar di seluruh Indonesia. Metode pembelajaran yang setiap periode berganti menunjukkan bahwa di Indonesia sangat membutuhkan guru-guru yang berpotensi.
RPP Berkarakter SMP – MTs Bagi Para Guru

RPP berkarakter SMP – MTs adalah syarat wajib yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh guru SMP – MTs. Dengan adanya RPP berkarakter SMP – MTs ini seorang guru diharapkan
RPP berkarakter SD Bagi Guru Sekolah Dasar

RPP berkarakter SD saat ini dijadikan acuan pembelajaran terbaru bagi guru-guru di Indonesia. Ketentuan penggunaan RPP berkarakter SD ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional melalui Badan Standar Nasional Pendidikan atau disingkat BSNP.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: