PEDOMAN SKB PAUDNI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Keberhasilan penyelenggaraan program Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) ditentukan oleh banyak faktor, salah satu faktor diantaranya adalah kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PTK PAUDNI) secara sistematis dan berkesinambungan.

Berdasarkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan (Kemendikbud): yang menitikberatkan pada upaya (i) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (ii) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan (iii) tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik, serta prioritas program pendidikan yang ditetapkan dalam rencana strategis Kemendiknas adalah perluasan pelayanan Pendidikan anak Usia Dini (PAUD), percepatan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, dan pemberantasan buta aksara, program pemberian dukungan dana Peningkatan Mutu PTK-PAUDNI di SKB.
Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BP-PNFI) sebagai salah satu unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Ditjen PAUDNI) pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan mutu PTK PAUDNI. Berbagai program telah dilakukan oleh BP-PNFI Regional I diantaranya dengan memberikan dana bantuan sosial kepada UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten/kota guna mendukung upaya pemerataan dan perluasan akses peningkatan mutu PTK PAUDNI yang tahun 2012 tetap akan dilanjutkan.
Guna menyebarluaskan informasi tentang pemberian dukungan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI pada UPTD/SKB Kab/Kota perlu disusun Pedoman Dana bantuan kelompok percontohan Sosial Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI tahun 2012.

B. DASAR
1.Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 36 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 43 tahun 2007 tentang Koordinasi dan Pengendalian Program dilingkungan Departemen Pendidikan Nasional tahun Anggaran 2008
5. Permendiknas No. 28 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan In Formal
6. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian /Lembaga (RKA-KL) BP-PNFI Regional I tahun Anggaran 2012

C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan pedoman adalah untuk memberikan acuan bagi semua pihak yang terkait dengan penyaluran, pemanfaatan, pengendalian dana bantuan kelompok percontohan peningkatan mutu PTK PAUD-NI di SKB/UPTD Kab/Kota
Pedoman ini diharapkan bermanfaat bagi :
1. Ditjen PAUDNI, dalam mengawasi, mengevaluasi dana peningkatan mutu PTK PAUD-NI tingkat Kab/Kota wilayah kerja SKB
2. BP-PNFI dalam menyalurkan dan mengendalikan pemanfaatan dana bantuan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI SKB/UPTD Kab/Kota, menyusun rencana dan mengelola dana bantuan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota
3. Tim penilai proposal dalam merekomendasikan tingkatan perolehan anggaran pada masing-masing SKB/UPTD Kab/Kota
4. Tim monitoring dan evaluasi, dalam melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan dana bantuan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI pada SKB/UPTD Kab/Kota
5. Pemangku kepentingan sesuai dengan kewenangannya dalam membantu meningkatkan efektivitas pemanfaatan dana bantuan kelompok percontohan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI Kab/Kota.

BAB II
PENGGUNAAN DANA

A. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Pemberian dukungan dana ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan perluasan akses peningkatan mutu PTK PAUD-NI di daerah, didasarkan pada kondisi dan kebutuhan masing –masing SKB yang di koordinasikan melalui BP-PNFI Regional I Medan.
2. Tujuan
a. Tujuan Umum
Dana dukungan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu PTK PAUD-NI di Kab/Kota wilayah kerja SKB guna memenuhi standar nasional pendidikan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
b. Tujuan Khusus
1. Meningkatan profesionalitas PTK PAUD-NI baik yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun bukan PNS dalam wilayah Kab/Kota
2. Meningkatkan ketersediaan data mendukung upaya peningkatan mutu PTK PAUD-NI
3. Meningkatkan kesiapan dalam pengelolaan program peningkatan mutu PTK PAUD-NI
B. Sumber
Dana bantuan kelompok percontohan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI bagi SKB /UPTD Kab/Kota ini bersumber dari Anggaran dan Belanja Negara (APBN) tahun 2012 dan tertuang dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I tahun 2012 dengan jenis belanja bantuan sosial untuk peningkatan mutu PTK PAUDNI pada SKB/UPTD Kab/Kota berjumlah Rp 3.523.500.0000,- ( Tiga Milyar Lima Ratus Dua Puluh Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ).

C. Kategori
Besarnya dana bantuan kelompok percontohan peningkatan mutu PTK PAUD-NI bagi masing-masing SKB/UPTD Kab/Kota kecuali SKB Baru ditentukan dengan mempertimbangkan ; (i) dukungan alokasi dana APBD Kab/Kota kepada SKB, (ii) hasil penilaian proposal yang diajukan SKB untuk pelaksanaan program peningkatan mutu PTK PAUD-NI Kab/Kota tahun 2012 termasuk pertimbangan kedisplinan menyusun laporan tahun sebelumnya dan banyaknya tenaga yang tersedia di SKB. Rentang dana dukungan (dari dana sebesar Rp. 3.523.500.000) dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu ;
a. Kategori A, dengan alokasi dana Rp 43.000.000,-
b. Kategori B, dengan alokasi dana Rp 37.750.000,-
c. Kategori C, dengan alokasi dana Rp 21.250.000,- diperuntukan kepada SKB baru.
Tabel 1. Kuota Penerima Dana
No Propinsi Kategori
A Kategori
B Kategori
C JML
1. NAD 12 SKB 6 SKB – 18 SKB
2. SUMUT 13 SKB 7 SKB – 20 SKB
3. SUMBAR 13 SKB 6 SKB 1 SKB 20 SKB
4. RIAU 5 SKB 3 SKB – 8 SKB
5. JAMBI 6 SKB 3 SKB – 9 SKB
6. SUMSEL 5 SKB 3 SKB 1 SKB 9 SKB
7. KEPRI 1 SKB 1 SKB 1 SKB 3 SKB

D. Capaian Sasaran
Penggunaan dana tersebut harus dapat diupayakan mencapai jumlah sasaran semaksimal mungkin sesuai dengan kondisi daerah dimana SKB/UPTD Kab/Kota berada, yang meliputi peningkatan kompetensi dan kualifikasi.

E. Penggunaan Dana
Alokasi dana bantuan kelompok percontohan digunakan untuk kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI di SKB/UPTD Kab/Kota,meliputi :
1. Peningkatan kompetensi
Diklat
Digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Teknis dan Fungsional PTK PAUD-NI antara lain : (i) Pendidik/Pengelola PAUD ,(ii) Tutor, Pengelola Pendidikan Keaksaraan, (iii) Pendidik/Pengelola Kursus atau PTK PAUDNI lainnya. Semua jenis peningkatan kompetensi dimaksudkan untuk mendukung pencapaian terget IKK dalam Renstra Pembinaan PTK 2012.
Sasaran peserta diklat ditetapkan berdasarkan kriteria yang jelas dan sesuai hasil identifikasi kebutuhan .Sasaran peningkatan kompetensi mencakup PTK PAUD Non Formal dan Informal diwilayah Kab/Kota lokasi SKB berada. Dana untuk diklat minimal 65 %. Dan khusus SKB Baru minimal 90 %
2. Peningkatan kualifikasi melalui bantuan pendidikan
Peningkatan kualifikasi digunakan untuk bantuan pendidikan (bukan beasiswa/tugas belajar) bagi PTK PAUD-NI yang sedang mengikuti pendidikan dengan biaya sendiri, dengan unit cost maksimal sebesar Rp 2.000.000,-per orang dalam 1 tahun. Bantuan pendidikan diberikan Bagi PTK PAUD-NI yang berada di wilayah kerja SKB. Bantuan pendidikan diberikan kepada PTK PAUD-NI berstatus PNS maupun bukan PNS yang dinilai memiliki komitmen untuk menyelesaikan pendidikannya dan tidak melebihi 8 semester. Jurusan /Program Studi yang diikuti adalah S-1 bidang kependidikan yang dapat menunjang tugas pokok dan fungsi lembaga tempat bertugas serta diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang telah terakreditasi. Bagi PTK PAUD-NI yang mengajukan bantuan pendidikan wajib melampirkan surat keterangan masih aktif sebagai PTK PAUD-NI dan surat keterangan sedang kuliah/belajar (terdaftar) dari perguruan tinggi atau LPTK yang bersangkutan. Jumlah sasaran 10-15 % dari dana yang diperoleh. Bagi SKB baru tidak mengalokasikan dana untuk peningkatan kualifikasi (0%).
3. Dukungan Manajemen
Besaran dana untuk dukungan manajemen 5-10 % dari alokasi dana yang tersedia. Kegiatan manajemen/pengelolaan dana peningkatan mutu PTK-PAUDNI antara lain digunakan untuk : mendukung kegiatan perencanaan program, rapat-rapat persiapan/pelaksanaan, koordinasi , monitoring, pelaporan, ATK pengelolaan, dan honorarium.
Tabel 2. Persentasi/proporsi Penggunaan Dana
Peningkatan Mutu PTK-PAUDNI untuk SKB/UPTD Kab/Kota
No Program/Kegiatan Jumlah Dana % Ket. Utk SKB Baru
1. Peningkatan Kompetensi Min 65 % Min 90 %
2. Peningkatan Kualifikasi Maks 15 % ——–
3. Dukungan Manajemen Maks 10 % Maks 10 %
BAB III
MEKANISME PENYALURAN DANA

A. Persyaratan Penerimaan Dana
Dana bantuan kelompok percontohan peningkatan mutu PTK PAUD-NI tahun 2012 hanya diberikan kepada SKB/UPTD Kab/Kota yang memenuhi syarat, sebagai berikut:
a. Telah menyampaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana peningkatan mutu PTK-PAUDNI tahun 2010 kepada BP-PNFI Regional I Medan.
b. Mengajukan proposal yang ditandatangani oleh kepala SKB/UPTD Kab/Kota dengan memuat secara rinci program yang akan diselenggarakan, dana yang dibutuhkan untuk setiap program /kegiatan serta sumber-sumber dana lain
c. Besarnya dukungan dana kepada SKB/UPTD Kab/Kota yang berasal dari APBD Kab/Kota
d. Proposal disetujui dan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota atau Kepala Bidang PAUDNI atau Pejabat yang bertanggung jawab dibidang PAUDNI.
e. Membuat pernyataan kesanggupan melaksanakan kegiatan Dana bantuan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI tahun 2012, menggunakan format pada lampiran
f. Menyertakan foto copy rekening bank (tabungan) yang telah ditetapkan atas nama lembaga.

B. Tata Cara Penyusunan Proposal
a. Pembentukan Tim Pengelola Dana
Tim Pengelola dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala SKB/UPTD Kab/Kota dengan susunan : Ketua, Sekretaris, dan Bendahara , dengan tugas sebagai berikut:
1) Ketua ; adalah Kepala SKB/UPTD Kab/Kota atau petugas yang ditunjuk Ka. SKB, dengan tugas mengorganisasikan, mengkoordinasikan, mengadakan kerjasama dengan pihak terkait untuk mendukung kelancaran dan efektivitas pelaksanaan program, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan, mempertanggungjawabkan pemanfaatan dana , dan menyampaikan laporan tertulis kepada BP-PNFI Regional I Medan
2) Sekretaris ; bertugas mengelola urusan administrasi pengelolaan kegiatan yang dibiayai dengan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI Tahun 2012
3) Bendahara ; bertugas mengelola keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran dana termasuk memungut dan menyetorkan pajak-pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

b. Identifikasi Kebutuhan /need assesment
Indentifikasi kebutuhan dilaksanakan untuk memperoleh data dan informasi agar program-program yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan nyata dalam upaya pegembangan dan peningkatan mutu PTK PAUD-NI di Kab/Kota wilayah kerja SKB.

c. Penentuan Prioritas Kegiatan
Berdasarkan hasil identifikasi disusun skala prioritas guna menentukan program /kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI yang lebih sesuai dan mendesak.

d. Penyusunan Proposal
Setelah Program prioritas diputuskan, selanjutnya dilakukan penyusunan proposal oleh Tim yang dibentuk oleh Kepala SKB/UPTD Kab/Kota. Kegiatan dan program yang akan dibiayai harus sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pedoman dana bantuan peningkatan Mutu PTK PAUD-NI bagi SKB/UPTD Kab/Kota tahun 2012.
Program dan kegiatan yang dituangkan dalam proposal adalah hasil dari musyawarah/rapat penentuan prioritas kegiatan diantara tenaga yang ada di lembaga SKB/UPTD Kab/Kota dan lembaga /pihak terkait serta sesuai dengan peruntukan dana. Proposal harus memuat jadwal kegiatan dan jadwal pencairan dana beserta rinciannya. Sistematika proposal harus mengacu pada format sebagaimana Lampiran.

e. Rekomendasi Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Penyampaian Proposal
Proposal yang telah disusun harus mendapatkan persetujuan/rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota atau pejabat berwenang, selanjutnya disampaikan kepada BPKB/BPPLS/BP3NFI/ P3NFI/BP-PNFI atau sebutan lain yang sejenis di propinsinya untuk dinilai sebanyak 2 eksempelar.
1. Pembentukan Tim Penilai Proposal
Tim penilai proposal SKB/UPTD Kab/Kota ditetapkan oleh kepala BPKB, BPPLS, BP3NFI, P3NFI dan BP-PNFI Regional I Medan.
2. Penilaian Proposal
Aspek utama yang dinilai : (i) Kelengkapan proposal ; (ii) kelayakan program ; (iii) kewajaran satuan biaya (unit cost); dan (iv) besarnya dana dukungan untuk kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI dari APBD Kab/Kota, tenaga yang tersedia di SKB, penyampaian laporan kegiatan PTK PAUDNI tahun sebelumnya

3. Tugas Tim Penilaian Proposal
Tim Penilai proposal SKB/UPTD Kab/Kota bertugas :
a) Menilai proposal berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan oleh Kepala BP-PNFI Regional Medan secara obyektif dan transparan,
b) Melaksanakan Verifikasi lapangan, jika dipandang perlu,
c) Mempertanggungjawabkan kegiatan penilaian
d) Menuangkan hasil penilaian dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh anggota Tim Penilai
e) Menyampaikan hasil penilaian kepada kepala BP-PNFI Regional I Medan dalam bentuk berita acara disertai proposal 1 eksemplar.

C. Penetapan Penerima
1. Penetapan
Penetapan besarnya dana bantuan kepada SKB/UPTD Kab/Kota ditentukan setelah memenuhi persyaratan penerimaan dana pembantuan sebagaimana pada butir A di atas dan berdasarkan pertimbangan :
(i) Besarnya dana bantuan untuk kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI dari APBD Kab/Kota
(ii) Hasil penilaian proposal tahun 2012
(iii) Penyampaian laporan PTK PAUDNI Tahun 2011
(iv) Banyaknya tenaga yang dimiliki SKB
(v) Kepala BPKB/BPPLS/BP3NFI/P3NFI di propinsi merekomendasikan ke BP-PNFI Regional I Medan besarnya dana untuk masing-masing SKB.

2. Pejabat yang Berhak Menetapkan
Pejabat yang berhak menetapkan penerima dana untuk masing-masing SKB/UPTD Kab/Kota adalah BP-PNFI Regional I dalam bentuk surat keputusan

3. Penyaluran Dana
Penyaluran dana peningkatan mutu PTK PAUD-NI untuk masing-masing SKB/UPTD Kab/Kota dilakukan oleh BP-PNFI Regional I Medan secara langsung sekaligus (100%) dengan cara transfer ke Rekening Bank atas nama instansi /lembaga SKB/UPTD Kab/Kota dan bukan rekening pribadi. Penyaluran dana dari BP-PNFI Regional I Medan ke SKB/UPTD Kab/Kota dilakukan setelah ditandatangani perjanjian kerjasama menggunakan format pada lampiran (biaya meterai ditanggung oleh penerima dana) .
Penyaluran dana kepada SKB/UPTD Kab/Kota dimaksud dilakukan setelah lembaga bersangkutan menyerahkan proposal yang telah direvisi berdasarkan hasil penilaian (apabila ada yang harus direvisi).
4. Pemanfaatan Dana
Dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI yang telah diterima harus segera dimanfaatkan untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan sesuai dengan program dan jadwal yang ditentukan dalam proposal.
Pemanfaatan dana harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan termasuk pemungutan dan penyetoran pajak –pajak diantaranya Peraturan Mendiknas Nomor 44 tahun 2007 tentang Alokasi, Klasifikasi, Mekanisme Belanja, dan Pertanggungjawaban Anggaran Belanja Departemen Pendidikan Nasional.

BAB IV
PENGENDALIAN

A. Visitasi Kegiatan (Bimbingan Teknis).
Visitasi kegiatan merupakan rangkaian kegiatan berupa bimbingan teknis untuk mengetahui rencana dengan pelaksanaan program, ketepatan penyaluran, penerimaan dan pemanfaatan dana sesuai dengan proposal dan rekomendasi Kepala BPKB dan telah disetujui oleh Kepala BP-PNFI Regional I. Hasil visitasi kegiatan diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi sedini mungkin masalah atau penyimpangan yang terjadi. Aspek yang menjadi sasaran visitasi kegiatan mencakup pelaksanaan kegiatan teknis dan administratif.

Visitasi kegiatan memiliki fungsi pengawasan dan pembinaan dengan pengertian bahwa visitasi kegiatan tidak hanya mencari masalah dan penyimpangan akan tetapi juga memberikan alternatif solusi untuk mengatasi berbagai masalah dan peningkatan kualitas program selanjutnya.
Visitasi kegiatan ditujukan kepada pengelola seluruh program/ kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI secara langsung pada saat kegiatan Peningkatan Kompetansi (diklat) berlangsung atau pada waktu yang lain. Untuk itu diharapkan kepada UPDT/SKB menginformasikan jadwal kegiatan Diklat Kepada BP-PNFI Regional I Medan 2 (dua) minggu sebelum kegiatan diklat dilaksanakan.

B. Pengawasan
Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal ( BP-PNFI ) melakukan pengawasan pemanfaatan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI yang diselenggrakan oleh SKB/UPTD Kab/Kota dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Instansi/lembaga yang melakukan pengawasan dalam penyaluran dan pemanfaatan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI yang dikelola oleh SKB/UPTD Kab/Kota dapat dilakukan oleh :
1. Kepala BP-PNFI Regional I Medan
2. Inspektorat Jenderal Depdiknas
3. Instansi lain yang berwenang.
C. Pelaporan
Untuk mengetahui perkembangan program, maka laporan disampaikan setiap bulannya kepada Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal ( BP-PNFI ), sedangkan laporan akhir tahun disampaikan paling lambat tgl 15 Desember 2012 kepada Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (BP-PNFI) dengan tembusan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota maupun BPKB/BPPLS/P3NFI/ BP3NFI.

BAB V
PENUTUP

Dengan diterbitkannya pedoman ini diharapkan dapat memperlancar penyaluran, pengelolaan dan pemanfaatan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI pada SKB/UPTD Kab/Kota secara efektif dan efisien sehingga dapat mewujudkan PTK PAUD-NI tahun 2012 yang bermutu dan profesional.

Jika dalam pelaksanaannya memerlukan perubahan-perubahan terhadap program/kegiatan yang telah diusulkan dalam proposal, dimungkinkan untuk diadakan penyesuaian, sepanjang perubahan tersebut bersifat tidak prinsip namun dipandang sangat perlu dan tidak menyimpang dari tujuan program dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI.

Hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini dan/atau apabila ada kebijakan lain dari pimpinan dalam pelaksanaan pemanfaatan dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI akan diatur kemudian dan diadakan perubahan seperlunya.

Semoga pedoman ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam dana bantuan peningkatan mutu PTK PAUD-NI tahun 2012.

LAMPIRAN
Lampiran 1
JADWAL PENYALURAN DAN PEMANFAATAN DANA
PENINGKATAN MUTU PTK PAUD-NI KAB/KOTA
TAHUN 2012
(Tentatif)
No Kegiatan Waktu
1 Sosialisasi pedoman Minggu III, Maret 2012
2 Penyusunan proposal Sampai Minggu III, April 2012
3 Pembentukan Tim Penilai di BPKB Minggu IV, April 2012
4 Pengiriman proposal;
– SKB/UPTD ke BPKB di Propinsinya Minggu IV, April 2012
5 Penilaian Proposal Oleh BPKB Minggu I-II, Mei 2012
6 Verifikasi dan perbaikan
(bila diperlukan) Minggu III-IV, Mei 2012

7 Penetapan dan Pengiriman hasil
penilaian proposal ke BPPNFI REG I Minggu IV,Mei 2012

8 Penerbitan SK
Penerima dana oleh BPPNFI Reg I Minggu IV, Mei 2012

9 Pengiriman Akad Kerjasama Minggu I, Juni 2012
10 Proses pencairan dana Minggu I, Juni 2012
11 Pengiriman laporan awal
12 Pengiriman laporan bulanan Setiap akhir bulan (stlh dana diterima)
13 Pengiriman laporan akhir 15 Desember 2012
14 Visitasi/Bimbingan Teknis Dilaksanakan sesuai jadwal Diklat di SKB

Lampiran 2
SISTEMATIKA PROPOSAL

Proposal Sekurang – kurangnya memuat:
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
Rekomendasi Pejabat yang Berwenang
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar
C. Tujuan
BAB II ANALISIS SITUASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PNF Dl WILAYAH KERJA SKB/UPTD KAB/KOTA *)
A. Analisis situasi dan Kondisi PTK PAUD-NI, ketenagaan, sarana-prasarana, dan kapasitas (SKB/UPTD Kab/Kota)*) baik dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif
B. Hasil – hasil yang Dicapai oleh SKB/UPTD Kab/Kota*):
1. Peningkatan Mutu PTK- PAUD-NI
2. Peningkatan Kualifikasi
3. Dukungan Manajemen
BAB III RENCANA PROGRAM/KEGIATAN
A. Peningkatan Mutu PTK- PNF
B. Peningkatan Kualifikasi
C. Dukungan Manajemen
BAB IV RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM/KEGIATAN
Jadwal, rincian kegiatan dan anggaran masing-masing program/ kegiatan.
BAB V HASIL YANG AKAN DICAPAI
Setiap kegiatan yang dilaksanakan tahun 2012, harus secara detail dan terukur, menunjukkan hasil-hasil yang akan dicapai, terutama dalam hal:
A. Peningkatan Mutu PTK- PNF
B. Peningkatan Kualifikasi
C. Dukungan Manajemen

BAB VI PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

LAMPIRAN
1. Data PTK PAUD-NI wilayah Kab/Kota atau kabupaten/kota*)
2. Data sarana prasarana
3. Data pengurus forum PTK PAUD-NI di tingkat Kab/Kota atau kabupaten/kota*)
4. Fotocopy NPWP
5. Fotocopy Nomor Rekening atas nama lembaga dan nama bank yang dapat dibaca dengan jelas dan masih aktif

Lampiran 3
KOP SURAT LEMBAGA
…………………………………………………………………………………………………..
SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPJTM)
PENYELENGGARAAN PROGRAM BANTUAN SOSIAL
KELOMPOK PERCONTOHAN PENINGKATAN MUTU PTK PAUDNI
SKB SE REGIONAL I
TAHUN 2012

Saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama :
NIP :
Jabatan :
Alamat :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:
1. Sanggup melaksanakan kegiatan peningkatan mutu PTK PAUD-NI yang biayanya bersumber dari DIPA BP-PNFI Regional I Tahun 2012 sebagaimana dituangkan dalam proposal yang diajukan;
2. Dana yang telah diterima untuk Penyelenggaraan Program Bantuan Sosial (Blockgrant) dari Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BP-PNFI) Regional I menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai pihak penerima dana;
3. Apabila terjadi penyelewengan dalam penggunaan dana Penyelenggaraan Program Bantuan Sosial (Blockgrant) tersebut menjadi tanggung jawab saya sebagai penerima dana;
4. Apabila di kemudian hari terdapat kelebihan atas pembayaran maupun perhitungan dalam Penyelenggaraan Program Bantuan Sosial (Blockgrant) tersebut, kami bersedia untuk menyetorkan kelebihannya ke Kas Negara;
5. Saya sebagai Kepala/pimpinan/Ketua lembaga penerima dana Penyelenggaraan Program Bantuan Sosial (Blockgrant) tersebut bertanggung jawab untuk melaksanakan/menyelesaikan program sesuai dana yang telah diterima;
6. Apabila terbukti menyalahgunakan dana bantuan kelompok percontohan sosial ini, kami bersedia dikenakan sanksi hukum, moral, dan/atau sanksi administrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan penuh kesadaran.

Medan,………………… 2012
Yang menyatakan,
(materai Rp.6.000,-)

(Nama lengkap)
Lampiran 4
Akad SKB dengan BP-PNFI REG I MEDAN

PERJANJIAN KERJASAMA
NOMOR : ……………./B6/KU/ 2012
ANTARA
BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NON FORMAL DAN INFORMAL REGIONAL I MEDAN
DENGAN

SKB/UPTD Kabupaten/Kota …………………………….

TENTANG
KELOMPOK PERCONTOHAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMAL DAN INFORMAL
TAHUN 2012

Pada hari ini, ……………. tanggal ……………. bulan…..tahun dua ribu sebelas, kami yang bertandatangan di bawah ini:

Nama
:
M.Ichwan Nasution ST

Jabatan
:
Pejabat Pembuat Komitmen BP-PNFI Regional I Medan
Alamat
:
Jl. Kenanga Raya No 64, Tanjung Sari – Medan

Dalam hal ini bertindak dalam jabatannya tersebut di atas sebagai penanggung jawab dalam penyaluran dan pengendalian dana Peningkatan mutu PTK PAUD-NI pada satuan kerja Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan In Formal Regional I Medan , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selanjutnya dalam perjanjian kerjasama disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama
:
:

Jabatan
:

Alamat
:

Bank/Nomor Rekening
:

Nama dalam Rekening
:

NPWP
:

Dalam hal ini bertindak dalam jabatannya tersebut di atas selaku penanggung jawab penerima dana peningkatan mutu PTK PAUD-NI, selanjutnya dalam perjanjian kerjasama ini disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Kedua belah pihak, yang selanjutnya disebut PARA PIHAK, bersepakat untuk mengadakan kerjasama dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan nonformal pada kabupaten kota…………………………………………….. yang diatur sebagaiman;
pasal-pasal berikut dibawah ini.

Pasal 1
RUANG LINGKUP
(1) PIHAK PERTAMA menyalurkan dana peningkatan mutu PTK-PAUDNI sebesar Rp………….,- (………………………..) bersumber dar Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan In Formal Regional I Medan Nomor : 0652/023-05.2.01/02/2012, tanggal 09 Desember 2011 melalui rekening lembaga yang bersangkutan kepada PIHAK KEDUA langsung ke rekening bank atas nama lembaga SKB/UPTD Kabupaten/Kota yang bersangkutan.
(2) Jumlah biaya tersebut di atas sudah termasuk segala pengeluaran beserta pajak-pajak dan biaya lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(3) PIHAK KEDUA menyatakan kesanggupannya untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi PTK PAUD-NI.
(4) Pekerjaan yang dilaksanakan oleh PIHAK KEDUA harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Kepala BP-PNFI Regional I Medan dalam pedoman PTK PAUD-NI dan proposal yang telah diverifikasi berdasarkan hasil penilaian.
(5) PIHAK KEDUA wajib menyampaikan laporan bulanan dan laporan akhir kepada PIHAK PERTAMA tentang pelaksanaan kegiatan pemanfaatan dana sebagai yang ditetapkan Kepala BP-PNFI.
(6) Dalam melaksanakan Pekerjaan PIHAK KEDUA harus senantiasa berkoordinasi dengan PIHAK PERTAMA dan Pemerintah Daerah setempat guna menghindari hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program dan kegiatannya.
Pasal 2
PENGELOLAAN DANA
(1) PIHAK KEDUA wajib melaksanakan pengelolaan dana secara tertib sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan negara dengan menyiapkan tenaga khusus/bendahara untuk mengelola administrasi (Pengelola Keuangan).
(2) Pengelola Keuangan yang ditunjuk sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) oleh PIHAK KEDUA wajib mengadministrasikan, menyusun laporan keuangan, dan mendokumentasikan setiap pengeluaran dana dan harus didukung dengan bukti pembayaran/kuitansi yang syah.
Pasal 3
WAKTU PENYELESAIAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN
KEGIATAN
(1) PIHAK KEDUA harus mulai melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud pada Pasal 1 paling lambat 15 (lima belas) hari setelah dana diterima;
(2) Pelaksanaan pekerjaan oleh PIHAK KEDUA harus diselesaikan sesuai rencana yang termaktub dalam proposal yang telah disetujui dan paling lambat Desember 2012.
(3) PIHAK KEDUA harus mempertanggungjawabkan pemanfaatan dana sebagaimana dimaksud Pasal 1 dalam bentuk laporan tertulis baik laporan kegiatan maupun laporan keuangan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat sampai tanggal 17 Desember 2012.

Pasal 4
PENGAWASAN DAN PEMERIKSAAN
Untuk menjamin transparansi, akuntabilitas serta mutu proses dan hasil pelaksanaan program, maka PIHAK KEDUA menyatakan bersedia dan sanggup untuk dipantau, diperiksa dan diawasi, dibina, dibimbing, baik selama program berlangsung ataupun setelah program selesai dilaksanakan, oleh:
1) Pejabat Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal Reg I Medan
2) Pejabat Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional;
3) Pejabat Dinas Pendidikan Kab/Kota;

Pasal 5
TANGGUNGJAWAB TERHADAP KERUGIAN DAN SANKSI
(1) Apabila dikemudian hari dari hasil pemeriksaan/pengawasan, ternyata PIHAK KEDUA dalam melaksanakan kegiatan dan penggunaan dana ternyata secara hukum terbukti menyimpang dari proposal yang disetujui oleh PIHAK PERTAMA dan ketentuan yang ditetapkan Direktur Jenderal PTK PAUD-NI serta peraturan perundang-undangan terkait, maka PIHAK PERTAMA dapat mengajukan keberatannya dan berhak meminta pihak berwajib menuntut PIHAK KEDUA;
(2) Pelaksanaan sanksi sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) wajib dilaksanakan oleh PIHAK KEDUA sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pasal 6
LAIN-LAIN

(1) Perjanjian Kerjasama ini dibuat dalam rangkap 3 (tiga) yang terdiri dari 2 (dua) rangkap bermeterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) yang masih berlaku dan 1 (satu) rangkap tidak bermeterai yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. Perjanjian Kerjasama bermeterai diberikan kepada PARA PIHAK.
(2) Setiap halaman lembar Perjanjian Kerjasama ini diparaf oleh PARA PIHAK.
(3) PARA PIHAK sepakat bahwa dokumen lain seperti pedoman, proposal yang telah diverifikasi dan Surat Keputusan Penetapan Penerima Dana ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian Kerjasama ini.
Pasal 7
PENUTUP

(1) Perjanjian Kerjasama ini dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan penuh kesadaran tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
(2) Hal-hal lain yang belum diatur dalam perjanjian kerjasama ini, akan diatur kemudian atas kesepakatan PARA PIHAK

PARA PIHAK YANG MELAKUKAN PERJANJIAN KERJASAMA

Pihak Kedua
Kepala SKB/UPTD Kab/
Kota …………………………

…………………………..
NIP. …………………………..
Pihak Pertama
Pejabat Pembuat Komitmen
BP-PNFI Reg I

M.Ichwan Nasution ST
NIP. 19740227 200501 1 001

Mengetahui :
Penanggung Jawab Kegiatan
Kasi Fasilitasi Sumber Daya

Lampiran 5
LAPORAN AWAL
BANTUAN PROGRAM KELOMPOK PERCONTOHAN PENINGKATAN
MUTU PTK PAUD-NI SKB KABUPATEN/KOTA
TAHUN 2012
No KOMPONEN URAIAN
A Kelembagaan
1. Nama Lembaga
2. Alamat
3. Nama Pimpinan
4. No Telp/HP
5. Ketua Penyelenggara
B Pendanaan
1. Jlh dana diterima Rp.
2. Tanggal diterima
3. Melalui Bank

C Program Kegiatan
1. Waktu Pelaksanaan
2. Lokasi Program
3. Program yg akan dilaksanakan 1.
2.
3.
4.

Mengetahui : Penyelenggara Kegiatan
Kepala SKB/UPTD Kab……………..

( ……………………………………. ) (……………………………..)
NIP.

Lampiran 6
FORMAT LAPORAN BULANAN
PEMANFAATAN DANA KELOMPOK PERCONTOHAN
PENINGKATAN MUTU PTK PAUD-NI KAB/KOTA
Bulan :
Nama Lembaga :
Jumlah Dana :
(dana dalam ribuan)
No
Uraian Kegiatan dan Sub Kegiatan
Sasaran
Satuan Biaya
(Unit Cost)
Alokasi Dana per kegiatan
Realisasi Sisa Dana

Keuangan
Keuangan
Fisik
(%)

Rencana
Realisasi

Rp
%

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)

Jumlah

Cara Pengisian format Laporan Bulanan (Lampiran 6 dan 7):

Kolom(l) : diisi dengan nomor unit sesuai jumlah komponen pemanfaatan dana dalam pedoman
Kolom (2) : untuk kegiatan diisi dengan jenis komponen pemanfaatan dana dalam pedoman dan sub kegiatan diisi sesuai dengan kegiatan yang diusulkan dalam proposal masing-masing.)
Kolom (3) : diisi dengan
– Sasaran peningkatan mutu ditulis satuan jumlah orang
– Sasaran manajemen ditulis jumlah kegiatan yang dilaksanakan
Kolom (4) : diisi dengan realisasi sasaran dengan satuan yang relevan
Kolom (5) : Jelas
Kolom (6) : diperoleh dari : kolom (3) x kolom (5)
Kolom (7) : diisi dengan realisasi keuangan untuk pelaksanaan kegiatan
Kolom (8) : diisi dengan persentase realisasi dana yang diperoleh dari :

Kolom (9) : diisi dengan realisasi fisik dengan ketentuan tahapan
Persiapan maks 10%
Pelaksanaan maks 80%
Pelaporan maks 10%
Kolom (10) : diperoleh dari : kolom (6) – kolom (7)

Lampiran 7
FORMAT HAMBATAN/KENDALA YANG DIHADAPI
DALAM PEMANFAATAN DANA KELOMPOK PERCONTOHAN
PENINGKATAN MUTU PTK PAUD-NI
SKB KAB/KOTA TAHUN 2012

Bulan :
Nama Lembaga :
No
Uraian Kegiatan Sub Kegiatan
Hambatan/ Kendala Yang Dihadapi
Penyebab Hambatan/ Kendala
Upaya Penanggulangan

(1) (2) (3) (4) (5)

Lampiran 8
SISTEMATIKA LAPORAN AKHIR PEMANFAATAN DANA
KELOMPOK PERCONTOHAN PENINGKATAN MUTU PTK PAUD-NI
SKB KAB/KOTA ……………
TAHUN 2012

Laporan sekurang – kurangnya memuat:

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar
C. Tujuan
D. Ruang Lingkup

BAB II PENYELENGGARAAN PROGRAM/KEGIATAN
A. Peningkatan Mutu PTK- PAUDNI, meliputi kegiatan peningkatan kompetensi, peningkatan kualifikasi, (untuk kegiatan diklat, antara lain memuat: kegiatan, jumlah peserta, materi, fasilitator/ nara sumber, waktu dan tempat, identitas peserta, hasil yang dicapai, pelaksana/penanggung jawab kegiatan, dan rincian biaya yang dikelompokkan untuk setiap kegiatan; sedangkan untuk kegiatan lain disesuaikan).

B. Dukungan Manajemen (antara lain: nama kegiatan, hasil yang dicapai, pelaksana/penanggung jawab kegiatan, rincian biaya)

BAB III HAMBATAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
A. Peningkatan Mutu PTK- PAUDNI, meliputi kegiatan peningkatan kompetensi, peningkatan kualifikasi,
B. Dukungan Manajemen
BAB IV RENCANA TINDAK LANJUT
A. Peningkatan Mutu PTK- PAUDNI meliputi kegiatan peningkatan
kompetensi, peningkatan kualifikasi,
B. Dukungan Manajemen
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
LAMPIRAN
1. SK Penyelenggara Kegiatan
2. Jadwal
3. Daftar Hadir
4. Rekap Data Peserta
5. Dokumen Administrasi Pertanggungjawaban Dana
6. Foto-foto kegiatan

PROPOSAL
PENGAJUAN PROGRAM KELOMPOK PERCONTOHAN
PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMAL DAN INFORMAL
BAGI SKB

Diajukan Kepada :
BP-PNFI Regional I Medan
Jl. Kenanga Raya No. 64 Tanjungsari Medan

ama lembaga……………………………………………….
Alamat lembaga……………………………
Telp/Fax/Web/Email…….
Tahun 2012

KATA PENGANTAR

Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BP-PNFI) sebagai salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Ditjen PAUDNI) pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan mutu PTK PAUDNI. Berbagai program telah dilakukan oleh BP-PNFI pada tahun sebelumnya dan pada tahun 2012 akan memberikan bantuan kepada SKB/UPTD Kabupaten/Kota guna mendukung upaya pemerataan dan perluasan akses peningkatan mutu PTK PAUDNI.

Pada Tahun 2012 BP-PNFI Regional I Medan direncanakan memberikan Dana Bantuan Sosial Kelompok Percontohan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI kepada SKB/UPTD Kabupaten/Kota.

Guna menyebarluaskan informasi tentang pemberian dukungan bantuan peningkatan mutu PTK- PAUD-NI pada SKB /UPTD Kab/Kota perlu disusun Pedoman Dana Bantuan Kelompok Percontohan Peningkatan Mutu PTK PAUD-NI untuk SKB/UPTD Kabupaten/Kota

SUMBER DARI : Dr. H. KASTUM,M.Pd
MEDAN :… MARET 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: